39 Kelompok Perikanan Terima Bantuan, Berikut Rinciannya


CAHAYASERELO.COM, Lahat
- Dinas Perikanan Kabupaten Lahat, kembali melaksanakan sosialisasi dan penyerahan bantuan secara simbolis untuk Kelompok Perikanan, Rabu 21 Agustus 2024.

Kepala Dinas Perikanan, Ir. H. Agustia Budiman MM menuturkan, Dalam upaya memanfaatkan potensi perikanan yang besar, Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Perikanan berusaha meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha perikanan dengan cara penyuluhan, memfasilitasi proses pembiayaan, serta membantu sarana dan prasarana usaha perikanan.

“Pada kesempatan ini, Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Perikanan akan menyerahkan bantuan secara simbolis untuk 39 Kelompok Perikanan,” sampainya.

Rincian dalam bantuan tersebut diantaranya,Alat tangkap ikan ramah lingkungan berupa jaring, bubu dan jala untuk 10 Kelompok Perikanan Tangkap.

Bantuan sarana pendukung penangkapan ikan berupa sepatu boot, kambu, waring, senter dan keranjang ikan untuk 7 Kelompok Perikanan.

Bibit ikan nila, gurame, patin, mas dan lele untuk 16 Kelompok Perikanan Budidaya. Sarana chest freezer untuk 6 Kelompok Pengolahan dan Pemasaran hasil Perikanan.

Sementara Pj Bupati Lahat Imam Pasli.,S.STP.MSi dalam hal ini diwakili Asisten II Ichsan Padli, SIP,.MM mengungkapkan, Terkait intervensi Dinas Perikanan melibatkan penerima Program Keluarga Harapan (PKH) kedalam kelompok-kelompok perikanan adalah merupakan tindakan yang sangat baik, sehingga masyarakat penerima PKH juga mendapatkan manfaat dari Program Pembangunan Kabupaten Lahat.

Pada kesempatan ini, sambungnya, Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Perikanan memberikan bantuan untuk Kelompok Perikanan Tangkap, Perikanan Budidaya, serta Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Lahat, saya berharap bantuan ini agar dapat dipelihara, dikembangkan dan dikelola dengan baik, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga khususnya, dan masyarakat Kabupaten Lahat secara umum," harap Ichsan.

Terakhir, dirinya mengajak untuk bergerak bersama agar program Kabupaten Lahat kemandirian pangan dan swasembada ikan bisa terwujud.

"Diharapkan pula kepada para Kelompok Perikanan agar selalu berkomunikasi, bertanya dan menyampaikan usulan kepada Dinas Perikanan melalui penyuluh perikanan demi kemajuan Kabupaten Lahat yang kita cintai ini," tutupnya. (sm)