Komering dan Basemah, Dua Suku Dengan Kekuatan Besar


CAHAYASERELO.COM, Lahat
- Calon Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru mengakui jika faktor sejarah itu tidak bisa terbantahkan, faktanya sampai dengan saat ini Gubernur Sumsel berasal dari dua suku besar di Sumsel yakni Komering dan Basemah.

"Sejarah panjang Sumsel mulai dari Sainan Sagiman, Rosihan Arsyad, Syarial Oesman, Alex Noerdin dan saya sendiri Herman Deru selalu berganti yakni dari Suku Komering dan Basemah," ungkap H Herman Deru saat menghadiri Silaturahmi Akbar masyarakat Jarai Area (Relawan HDCU dan Berlian), Sabtu 29 Juni 2024.

Herman Deru sendiri mengakui jika dirinya berasam dari Suku Komering, namun istrinya sendiri berasal dari Kelurahan Bandar Agung Kecamatan Kota Lahat atau berasal dari Lematang.

"Artinya istrinya masih dari darah dari Lematang, dan sekarang Pasangan saya untuk melanjutkan pembangunan di Sumsel ini ialah putra terbaik Basemah yakni H Cik Ujang," kata Herman Deru.

Herman Deru menuturkan, jika ditarik kebelakang para pemimpin di Sumsel ini mulai dari Sainan Sagiman dan Rosihan Arsyad, Syarial Oesman yang istrinya Putri dari Gumay dan Alex Noerdin merupakan Putra terbaik dari Empat Lawang yang dahulunya masih tergabung dalam Kabupaten Lahat.

"Dengan digabungkan dua suku besar yakni Komering dan Basemah ini akan menjadi kekuatan besar untuk membangun Sumsel 2025-2030," kata Herman Deru.

Tidak hanya itu, Herman Deru juga mengakui jika dirinya dengan Cik Ujang sahabat lama, itulah kenapa Bantuan Gubernur yang turun ke Kabupaten Lahat besar salah satu faktornya sahabat lama dan istri yang berasal dari Lematang.

"Kabupaten Lahat banyak sekali melahirkan para pemimpin hebat termasuk di Sumsel," ucap Herman Deru. (SM)