Partai Demokrat Sumsel Prioritaskan Kader Bertarung dalam Pilkada

Ketua DPD Demokrat Sumatera Selatan, Cik Ujang saat menyampaikan arahan. Foto : ist

CAHAYASERELO.COM, Palembang
- DPD Partai Demokrat Sumsel membuka pendaftaran Bacalon Gubernur dan Wakil Gubernur dari partainya, hari ini Rabu (24/4/2024) di kantor DPD Demokrat Sumsel jalan Kol. H Burlian Palembang.

Meski secara terbuka menerima siapapun yang akan mendaftarkan dirinya kepada Partai Demokrat. Partai yang diketuai Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tetap memprioritaskan Kader sendiri untuk maju sebagai Gubernur, Walikota, Bupati begitu pula wakil kepala daerah.

“Kita terima siapapun yang ingin mendaftar. Namun yang pasti DPD Demokrat Sumsel tetap mengutamakan calon dari Kader sendiri. Tapi semua keputusan ada di tangan DPP,” kata Ketua DPD Demokrat Sumatera Selatan, Cik Ujang. 

Mantan Bupati Kabupaten Lahat ini menjelaskan, Demokrat tetap melakukan penjaringan calon kepala daerah dengan prosedur yang telah ditetapkan. Seperti penggunaan lembaga Survei untuk mencari tingkat popularitas dari ketokohan para calon.

“Nanti akan ada Survei dari 8 Lembag. Setelah itu, hasilnya tinggal DPP yang menentukan, DPP nanti akan memanggil siapa yang sanggup berperang dalam pemilihan kepala daerah,” ujarnya.

Demokrat sendiri membuka pendaftaran pada 24 April-20 Mei mendatang. Pada hri ini saja, sudah ada 4 tokoh yang mengambil formulir. 3 pengambilan Formulir Gubernur dan 1 Wakil Gubenur. 

“3 calon Gubernur salah satunya dari Kader kita Ibu Holda, dua lainya yakni Pak Mawardi (Diwakilkan) dan Pak Bean Deru (Diwakilkan). Sedangkan 1 Wakil Gubernur juga dari Kader Kita Pak Harnojoyo (diwakilkan),” ungkapnya.

Sedangkan, terkait pencalonan dirinya, Cik Ujang saat ini masih akan melakukan diskusi keluarga. Ia ingin membahas terlebih dahulu bersama keluarganya apakah akan maju dalam Pilgub/Wagub.

“Bulan 5 awal nanti pasti sudah ada keputusan,” terangnya.

Menurutnya, pencalonan di Pilgub Sumsel berbeda dengan Pilbup di Lahat. Tantangan yang dihadapi bakal berbeda. Secara kewilayahan tugas dan pekerjaan jika terpilih akan lebih luas dibandingkan pekerjaan di Lahat. 

Terkait peluang dirinya menjadi pasangan Herman Deru dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur Sumsel. Cik Ujang berkata jika hubungan keduanya sangat baik. Apalagi selama menjabat sebagai Bupati Lahat ia merasa sering mendapat bantuan dari Herman Deru saat menjadi Gubernur untuk pembangunan Kabupaten Lahat.

“Jika saya digandeng atau dilamar Deru, seperti yang saya katakan, akan rembukan dulu dengan keluarga, teman dan tim,” pungkasnya. (*)