Masyarakat Lahat Jangan Takut Daftar PPK, Rekrutmen PPK Terasa Berbeda


CAHAYASERELO.COM, Lahat
- KPU Kabupaten Lahat, sudah membuka rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada serentak 2024, namun nampaknya pendaftar PPK masih sepi peminat. 

Dikatakan N pendaftar PPK yang enggan disebutkan namanya, saat dia mendaftar, memberikan berkas hardcopy ke Kantor KPU, terlihat pendaftar cukup sepi sekali, berbeda dengan pendaftaran PPK pasa saat Pemilu lalu. 

"Kalau Pemilu dulu, saya juga ikut mendaftar, dulu rame, banyak yang ikut mendaftar, terlihat antrean panjang untuk mendaftar, itu membuktikan antusiasme masyarakat tinggi, tapi sekarang nampaknya minat masyarakat sangat turun sekali, untuk mendaftar PPK," kata dia, Minggu (28/04/2024). 

Diakuinya, sebagian ada yang takut mendaftar, karena beredar isu bahwa ada orang luar Kabupaten Lahat, yang disuruh mengurus KTP, dan diminta untuk menjadi PPK di Kabupaten Lahat. 

"Belum lagi, kabar yang beredar, entah darimana datangnya, bahwa mereka yang bakal jadi PPK, sudah sudah ada yang mendata, untuk dijadikan PPK, nah inilah yang membuat masyarakat Lahat takut mendaftar PPK," ujar dia. 

Sementara itu, dikatakan Rusdi Hartono Somad, Pengamat Politik sekaligus Ketua DPC Peradi Lahat Raya, masyarakat jangan takut untuk mendaftar PPK, karena dia meyakini SDM Lahat masih bisa diandalkan dan masih begitu mumpuni untuk mengisi jabatan sebagai PPK. 

"Saya takin betul, masyarakat Kabupaten Lahat ini berkompeten dalam menjadi PPK, terbukti dari pelaksanaan Pemilu lalu, yang disukseskan penyelenggara yang merupakan warga Lahat, itu artinya Lahat tidak butuh warga dari daerah lain untuk menjadi PPK maupun PPS," terangnya. 

Ditambahkan Rusdi, isu yang beredar, menurut dia, adalah untuk membuat gaduh, sehingga pelaksanaan Rekrutmen ini tidak berjalan sebagaimana mestinya. 

"Isu tentang sudah ada yang mencari dan dijanjikan jadi PPK, atau apalah itu, agar masyarakat enggan mendaftar. Namun jangan takut untuk mendaftar PPK Maupun PPS, mari warga Kabupaten Lahat beramai ramai mendaftar, karena ini Kabupaten Lahat, Kabupaten ini tempat kita tinggal, pribumi mesti berani dan ikut andil dalam pelaksanaan Pilkada kali ini," tuturnya. (sm)