Apel Gabungan Polres Lahat dan Kodim 0405: Wujud Sinergitas TNI-Polri


CAHAYASERELO.COM, Lahat -
Pada hari Kamis, 4 Maret 2024, pukul 08.00 WIB, bertempat di halaman Apel Kodim 0405 Lahat, Kapolres Lahat AKBP God Parlasro S. Sinaga SH.SIK, MH, didampingi oleh Komandan Kodim 0405 Lahat, Letkol Inf. Azis Komarudin SE. SIP, yang diwakili oleh Kasdim Mayor Inf Sugeng, memimpin apel gabungan serta memberikan pengarahan kepada personel Kodim dan Polres Lahat.

Apel bersama dihadiri oleh seluruh Pejabat Utama (PJU), Kapolsek, perwira, dan bintara Polres Lahat, serta PJU Kodim, para Danramil Kodim 0405 Lahat, dan personel Kodim 0405 Lahat.

Kegiatan apel gabungan ini merupakan wujud dari kesatuan dan solidaritas antara TNI-Polri, khususnya di wilayah hukum Polres Lahat.

Dalam sambutannya, Kapolres Lahat menjelaskan bahwa apel gabungan ini merupakan bentuk konkret dari sinergitas TNI-Polri, terutama menjelang pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H. 

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kegiatan kemasyarakatan bersama antara Polres dan Kodim.

Kapolres menegaskan bahwa tugas TNI adalah menjaga kedaulatan, jiwa raga, dan tumpah darah untuk bangsa Indonesia.

Selain tugas pokoknya, TNI juga diminta untuk membantu tugas Polri dalam menjaga keamanan, melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat.

Dalam pelaksanaan tugas di lapangan, kemungkinan adanya gesekan atau benturan antara personel Polres dan Kodim sangat mungkin terjadi. 

Oleh karena itu, pentingnya saling kerjasama, menjaga kekompakan, dan mengutamakan kehormatan institusi TNI-Polri.

Kapolres berharap agar seluruh personel Polres dan Kodim tetap solid dan bersinergi dalam menjalankan tugas sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

Apel bersama ini juga menjadi langkah untuk mengantisipasi gesekan atau benturan antara personel Polres dan Kodim di lapangan serta untuk mengatasi segala gangguan kamtibmas. 

Tidak ada kekuatan lain yang bisa menggantikan kekuatan TNI dan Polri, oleh karena itu, penting untuk menjaga kekompakan dan tidak terprovokasi oleh pihak lain.

Seluruh personel diharapkan untuk selalu menjaga solidaritas dan jika ada masalah, dapat diselesaikan dengan kepemimpinan masing-masing. 

Semua permasalahan dapat diatasi dengan komunikasi yang baik dan menjaga soliditas sebagai bagian dari TNI-Polri yang memiliki harga diri yang tinggi. (rls)