Pj Bupati Lahat Hadiri Rakornas Dukcapil di Batam


CAHAYASERELO.COM, Batam
 - Penjabat (Pj) Bupati Lahat, Muhammad Farid.S.STP.M.Si, didampingi oleh Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Lahat, menghadiri Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri. 

Acara tersebut berlangsung pada Selasa, 27 Februari 2024, di Hermoni One Convention Hotel dan Service Apartments, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Rakornas tersebut dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, dan bertujuan sebagai ajang konsolidasi dan koordinasi dengan partisipasi sekitar 1.600 peserta dari berbagai Dinas Dukcapil Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. 

Dengan tema "Peran IKD Mendukung Percepatan Transformasi Digital Untuk Pelayanan Publik," rakornas ini juga melibatkan penganugerahan Dukcapil Awards sebagai apresiasi atas kinerja Dinas Dukcapil di berbagai daerah.

Dirjen Dukcapil Kemendagri, Teguh Setyabudi, menjelaskan bahwa rakornas tersebut bertujuan sebagai ajang untuk memperkuat komitmen dan menyamakan persepsi antara jajaran Dukcapil pusat dan daerah dalam mendukung kemudahan pelayanan publik.

Pj. Bupati Lahat menyatakan dukungan penuh terhadap program Dirjen Dukcapil dan berkomitmen untuk segera mengadakan pembuatan Kartu Identitas Daerah (IKD) di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Lahat sebagai proyek percontohan. (*/ril)