Aksi Damai Ormas GRPK-RI: Desakan Pencopotan Pj Bupati Lahat


CAHAYASERELO.COM, Jakarta
- Ormas Gerakan Reformasi Pembangunan Kabupaten Republik Indonesia (GRPK-RI) menggelar aksi damai jilid 2 di depan Kantor Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Kamis (07/03/2024).

Aksi ini dipimpin oleh beberapa orator utama, antara lain Saryono Anwar, SE, Wiranto, Azhari, Alfayed, Patria, Syahril, dan Ketua Umum Ormas GRPK-RI, Deddi Fasmadhy Satiadharmanto, S.AP, M.AP, CAM, CPM, CPAdj, dengan didukung oleh massa kurang lebih 200 orang.

Orasi yang dibuka oleh Saryono Anwar menyoroti tuntutan pencopotan dan penggantian Pj. Bupati Lahat, Muhammad Farid, karena dianggap tidak mampu menjalankan tugasnya dan tidak netral dalam pemilihan umum pada tanggal 14 Februari 2024 lalu. 

Menurut Saryono, Pj. Bupati Lahat diduga terlibat dalam jual beli jabatan dan proyek pembangunan tahun anggaran 2024.

Aksi damai ini juga mengangkat beberapa dugaan lain, seperti pembiaran tindak pidana yang melibatkan kepala desa, kampanye pemilu yang dilakukan oleh ASN, dan keberadaan Pj. Kepala Desa di luar kabupaten tempat bertugas. 

Wiranto juga menyoroti dugaan tidak memiliki izin atasan bagi Pj. Kepala Desa yang berasal dari Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan.

Setelah menyampaikan orasi di depan kantor Kemendagri, perwakilan orator aksi diterima untuk melakukan audensi dengan perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Aksi damai ini menjadi bentuk desakan dari masyarakat terhadap pemerintah terkait tata kelola pemerintahan di Kabupaten Lahat. (rls)