Kapolda Sumsel Tinjau Pelayanan Kesehatan bagi Petugas Pemilu


CAHAYASERELO.COM, Lahat
- Kapolda Sumatera Selatan, Irjen A Rachmad Wibowo Sik, turut serta meninjau langsung kegiatan pemberian pelayanan kesehatan (yankes) oleh tim terpadu dari Rumah Sakit Bhayangkara Bidang Kedokteran Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Sumsel dan Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel kepada petugas penyelenggara pemilu di PPK kecamatan Seberang Ulu I kota Palembang pada Jumat (16/2/2024).

Tim yankes terpadu yang dipimpin oleh Kepala Bidang Dokkes Polda Sumsel, Kombes dr. Syamsul Bahar M.Kes, dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, dr. H Trisnawarman, sigap memberikan pelayanan kesehatan kepada petugas PPK dan petugas pengamanan. Pelayanan tersebut meliputi pemeriksaan tensi, darah, hingga pemberian vitamin kepada petugas PPK.

Kapolda Sumsel, Rachmad Wibowo, didampingi oleh Kapolrestabes Palembang, Kombes Harry Sugihartono Sik, memastikan bahwa tim yankes terpadu memberikan dukungan kesehatan bagi penyelenggara pemilu, terutama petugas PPK dan petugas pengamanan, yang akan memulai proses penghitungan suara di PPK pada Sabtu (17/2).

"Ini ada tim gabungan, baik dari kepolisian, dinas kesehatan Provinsi, TNI semua sudah mendapat arahan untuk tetap mengutamakan kesehatan para penyelenggara seperti KPU, Bawaslu, dan juga petugas pengamanan. KPPS sudah menyelesaikan tugasnya, hampir semua kotak suara sekarang ada di PPK. Sekarang kita jaga kesehatannya PPK, termasuk juga anggota yang mengamankan, baik anggota TNI, Polri, maupun Linmas," ujar Rachmad.

Rachmad juga menyampaikan bahwa hingga saat ini tidak ada gangguan serius yang terjadi, meskipun terdapat tiga personel kepolisian yang mengalami kecelakaan lalulintas. Satu di antaranya mengalami luka cukup parah dan telah ditangani oleh tim dokter di rumah sakit Bhayangkara Palembang.

Mengingat kegiatan pemilu masih berlangsung dan cuaca yang rawan hujan dan banjir, Rachmad menghimbau kepada seluruh petugas di lapangan untuk tetap menjaga keselamatan. 

"Kita himbau untuk seluruh penyelenggara maupun petugas keamanan, karena tugas kita berat dan waktunya panjang, ditambah lagi medannya yang cukup ekstrim cuaca yang berubah-ubah, curah hujan yang cukup deras. Jangan dipaksakan, jika mau berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Jika kondisi capek, obatnya hanya satu, istirahat. Jangan dipaksakan," tutupnya.