Polsek Jarai dan Pajar Bulan Evakuasi Warg Terdampak Banjir


CAHAYASERELO.COM, Lahat
- Kapolsek Jarai AKP Irsan Rumsi SE dan Kapolsek Pajar Bulan AKP Asri Basyaruddin SH, bersama personel polres, melaksanakan evakuasi korban banjir akibat luapan Sungai Dendan di Desa Ulak Bandung, Pulau, Gelung Sakti, Kecamatan Pajar Bulan, serta Desa Pelajaran, Nanti Giri, dan Sadan di Kecamatan Jarai, Kabupaten Lahat.


Banjir disebabkan oleh luapan Sungai Dendan akibat curah hujan yang tinggi. Pada pukul 05.00 WIB, air masuk ke rumah warga dan jalan dengan ketinggian mencapai 70 cm. 


Tidak ada korban jiwa, namun kerugian yang terdata meliputi satu unit rumah hanyut di Desa Pulau atas nama Sudarman dengan perkiraan kerugian sekitar 50 juta rupiah. 


Kerugian pada sawah di Desa Ulak Bandung, Desa Gelung Sakti, dan Desa Tanjung Agung belum terdata, begitu juga dengan jembatan penghubung Desa Ulak Bandung dan Pulau yang putus serta beberapa rumah yang terendam banjir.


Warga Desa Benua Raja dan Desa Gelung Sakti juga terdampak dengan beberapa rumah rusak ringan. 


Selain itu, 20 kolam ikan rusak dan ada beberapa rumah yang terendam banjir di Desa Gelung Sakti.


Personel dari Polsek Pajar Bulan dan Polsek Jarai bersama Babinsa dari Koramil setempat dan warga bergerak untuk membantu evakuasi warga yang rumahnya terendam. 


Himbauan juga diberikan kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi banjir lebih lanjut dan tanah longsor.


Curah hujan telah berhenti, dan debit air mulai surut. Personel kepolisian masih berada di lokasi untuk mengantisipasi situasi lebih lanjut.


Pemerintah setempat bersama aparat keamanan terus melakukan pemantauan dan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir.(rls)