Pj Bupati Lahat Menilai Gerakan Pramuka Membentuk Kedisiplinan dan Kepemimpinan Anak


CAHAYASERELO.COM, Lahat
- Ketua Kwarcab Pramuka Lahat, Fitrizal Homizi ST Msi MM menyebutkan, rapat kerja cabang (Rakercab) dilaksanakan setiap tahun, untuk mencapai target dan strategi langkah kwarcab dan kwartir.

"Selain itu, konsultasi dan pencapaian pelaksanan kinerja tahun 2023 dan program kerja yang dilaksanakan di 2024," sebut dirinya, Kamis 4 Januari 2024.

Ia menerangkan, pelantikan anggota Kwaran sudah terlaksana 20 orang, kepada camat dapat diagendakan untuk kelengkapan organisasi Pramuka.

"Berbagai macam perlombaan dan event, termasuk perkembangan akhir tahun yang diikuti 21 sekolah," ungkapnya yang jabat Ketua DPRD Lahat.

Generasi muda, sambung dia, agar melakukan kegiatan positif, kedepannya dapat berpartisipasi pada setiap kegiatan Pramuka. 

"Tanggung jawab moral kepada anak didik dan generasi muda.

Sehingga mereka tumbuh dan berkembang dengan baik, supaya dapat mengerakkan Pramuka di Lahat untuk membekali pada kehidupan masa datang," tutupnya.

Sementara itu, Pj Bupati Lahat, Muhammad Farid SSTP Msi mengemukakan, adanya Gerakan Pramuka ini tentu saja membawa melatih kearah anak-anak membentuk kepemimpinan.

"Melatih kedisiplinan dan kepemimpinan kepada mereka, pastinya akan memberikan kemudahan pada saat itu," terang dia.

Dirinya menambahkan, momentum kesempatan anak-anak dimana pun berada. Agar kedepannya mereka tidak grogi atau demam panggung.

"Dengan begitu, penanaman mental dan spiritual harus ditanam sejak dini dan diulang setiap harinya. Agar pada saat nantinya fokus peningkatan capaian kompetensi kepramukaan," imbaunya.

Rencanakan kerjakan dan evaluasi, masih katanya, makanya harus tersusun dan memiliki skema secara teratur.

"Agar kerjaan dan hasil akhir yang diperoleh akan membuahkan goal secara sistematis dan terukur dengan sendirinya," papar Muhammad Farid.

Ia meminta, rakercab ini merupakan kesempatan yang baik untuk diterapkan, dan dikembangkan agar pekerjaan dapat secara detail mampu melahirkan anak-anak yang bertanggung jawab.

"Semoga apa yang didapat pada rakercab ini berkelanjutan, sistematis dan bersinergis dari unsur Pramuka dan stakeholder bisa membangun Kabupaten Lahat, dan paling utama eksistensi harus tampil," tandas dia. (rls)