Pj Bupati Lahat Berpolitik ??

#


CAHAYASERELO.COM, Lahat
- Dalam rentang waktu dua bulan, Penjabat (PJ) Bupati Lahat, Muhammad Farid, S.STP., M.Si, telah dua kali bertemu dengan salah satu Calon Anggota (Caleg) DPRD Provinsi Sumatera Selatan.

Pertemuan pertama terjadi di Hotel Cendrawasih, milik Caleg tersebut, sementara pertemuan kedua terjadi saat kunjungan di tepian ayek Lematang Bendungan, saat melakukan penanaman bibit buah Nengkadak.

Kedua pertemuan tersebut terjadi pada 12 Desember 2023 dan 12 Januari 2024, hanya berjarak satu bulan. Dekatnya hubungan antara Pj Bupati dan Caleg tersebut mendapatkan sorotan dari L-MAKI Sumatera Selatan. 

Ketua L-MAKI, Feri, mengkhawatirkan bahwa kedekatan ini dapat berpotensi sebagai pengarahan untuk mendukung Caleg tersebut, menciptakan kekhawatiran akan adanya intervensi politik.

Sosok Caleg yang tampak akrab dengan Pj Bupati adalah H Saifudin Aswari Rivai, SE, mantan Bupati Lahat dua periode, yang kini mencalonkan diri sebagai Calon Anggota Legislatif Provinsi Sumatera Selatan dari Partai Gerindra. 

Pertemuan antara Pj Bupati Lahat dan Caleg dari partai tersebut terjadi hanya tiga hari setelah Muhammad Farid dilantik sebagai Pj Bupati.

Ketua L-MAKI Sumatera Selatan, Feri, menyatakan kekhawatirannya terhadap potensi pengarahan politik yang dapat memengaruhi independensi para Kepala Desa yang berada di bawah komando PJ kepala daerah. 

Sorotan ini menciptakan perhatian lebih lanjut terkait transparansi dan netralitas dalam konteks pemilihan legislatif.

Senada dikatakan Pengamat hukum dan Politik Walius Putrawan SH sangat menyayangkan dan khawatir terjadi pengarahan politik sehingga dinilai Pj Bupati Lahat ikut juga kearah politik.

"Seyogyanya Pj Bupati harus menunjukkan sikap selaku Pejabat Bupati yang netral sehingga bisa memberikan contoh bagi bawahannya," ujarnya. (*)