Pj Bupati Lahat Dikukuhkan sebagai Bapak Asuh Anak Stunting Bersama Pj TP PKK Lahat


CAHAYASERELO.COM, Lahat
- Pj Bupati Lahat, M Farid, dan Pj TP PKK Lahat, Aditya Trinia Apriliani, resmi dikukuhkan sebagai Bapak Asuh Anak Stunting dan Bunda Asuh Anak Stunting oleh Kepala BKKBN RI di Palembang pada Kamis (14/12). 

Hal ini sebagai bentuk partisipasi dan kepedulian terhadap penanganan stunting di Kabupaten Lahat.

Awalnya, tingkat stunting di Kabupaten Lahat cukup tinggi, mencapai 48,1 persen berdasarkan data Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) pada tahun 2018. 

Melalui beberapa program yang dilaksanakan oleh Pemda Lahat dan kerjasama dengan berbagai pihak, pada tahun 2022 angka stunting berhasil turun menjadi 19 persen.

Kadis Dalduk - KB Lahat, Ujang Kurniawan, menyampaikan bahwa program penanganan stunting melibatkan berbagai upaya, seperti pembinaan, penyuluhan, pemberian makanan tambahan, bantuan air bersih, kelas ibu hamil, refitalisasi posyandu, dan berbagai program intervensi sensitif dari berbagai OPD.

Pj Bupati Lahat, Muhammad Farid, menyatakan keberhasilan intervensi yang telah dilaksanakan di Kabupaten Lahat melalui kerja sama lintas sektor, CSR perusahaan, dan partisipasi masyarakat. Ia berharap hasil survei tahun 2023 dapat menunjukkan penurunan angka stunting yang lebih signifikan.

Farid menekankan pentingnya gotong royong dan kerja bersama dalam program penurunan stunting. Ia memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam upaya ini dan menegaskan bahwa tanpa kerjasama, program ini tidak dapat berjalan dengan baik. (rls)