Bupati Lahat H Cik Ujang SH Pimpin Upacara Peringatan Sumpah Pemuda


CAHAYASERELO.COM, Lahat
- Pemerintah Kabupaten Lahat menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 pada 28 Oktober 2023. Upacara ini diselenggarakan di Halaman Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat dan dipimpin oleh Bupati Lahat, H Cik Ujang SH.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda bertujuan untuk mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah perjuangan pemuda Indonesia. 

Pada saat peristiwa Sumpah Pemuda tahun 1928, pemuda dari berbagai lapisan masyarakat bersatu untuk menyatukan visi kebangsaan dan mengukuhkan komitmen kebangsaan dengan bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Upacara ini diikuti oleh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat dan perwakilan beberapa sekolah. 

Dalam sambutannya, Bupati Lahat H Cik Ujang SH menekankan pentingnya memperingati Hari Sumpah Pemuda untuk mengingat semangat patriotisme dan persatuan yang menjadi landasan pembentukan negara Indonesia.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun di Kabupaten Lahat mengusung tema "Bersama Majukan Indonesia" dengan logo HSP ke-95 yang menggambarkan kolaborasi dan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya sebagai kekuatan dalam memajukan Indonesia. 

Bupati juga menekankan pentingnya visi, misi, dan peran strategis pemuda dalam memajukan bangsa Indonesia.

Kolaborasi lintas generasi dan lintas sektor dianggap sebagai strategi yang ampuh dalam memajukan Indonesia. 

Hal ini sesuai dengan amanah Undang-Undang Kepemudaan dan Keputusan Presiden tentang koordinasi lintas sektor dalam penyelenggaraan dan pelayanan kepemudaan.

Dalam momen Hari Sumpah Pemuda, diumumkan komitmen untuk memajukan pemuda melalui kerja sama antara kementerian, pemerintah daerah, organisasi kepemudaan, komunitas, dan elemen-elemen lainnya. Tujuannya adalah mencapai Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) yang lebih baik.  (rls)