Walikota Pagaralam Ungkap Alasan Copot Sekda


CAHAYASERELO.COM, Pagaralam
- Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Pagar Alam Drs Syamsul Bahri Burlian dicopot dari jabatannya diakhir masa jabatan Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni.

Pencopotan ini membuat banyak pihak terkejut, pasalnya Syamsul sudah mendampingi Walikota Pagar Alam hampir selama masa jabatannya lima tahun ini. Bahkan tampak keduanya akur-akur saja dan kinerja Sekda juga terlihat baik.

Banyak pro dan kontra dalam keputusan pencopotan Sekda tersebut, ada yang menyebut terkait dengan politik ada juga yang menyebutkan pencopotan tersebut sudah berdasarkan hasil evaluasi kinerja.

Menanggapi hal itu Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni melalui Kepala BKPSDM Kota Pagar Alam Ali Akbar mengatakan, jika pencopotan Sekda tersebut dilakukan berdasarkan hasil evaluasi kinerja yang dilakukan beberapa pihak.

"Hal itu sudah sesuai dengan aturan, karena setiap tahun selalu ada evaluasi kinerja bagi pejabat tinggi pratama. Evaluasi ini dilakukan oleh pejabat provinsi dan beberapa akademisi," ujarnya.

Hasil evaluasi tersebut bisa disampaikan secara lisan ataupun tertulis. Nantinya hasil evaluasi disampaikan kepada pimpinan daerah yaitu Walikota Pagar Alam.

"Hasil itulah yang menjadi acuan untuk mencopot jabatan Sekda tersebut. Jadi pencopotan Sekda bukan diputuskan dari satu pihak saja namun berdasarkan evaluasi dari pihak-pihak yang kompeten," jelasnya. (*).