Rusdi : Kades Mandi di Kolam Memang Lagi Istirahat di Selah Bimtek

Rusdi Hartono Somad, Penasehat Hukum Kepala Desa

CAHAYASERELO.COM, Lahat
- Rusdi Hartono Somad, Penasehat hukum Kades di Kabupaten Lahat, angkat bicara, soal Kades yang diviralkan karena mandi di kolam di Pulau Dewata Bali beberapa bulan lalu.

Menurut Ketua Peradi Lahat Raya ini, apa yang terjadi itu bukanlah sebuah kesalahan, apalagi pelanggaran di mata hukum, karena tidak ada pihak yang dirugikan bahkan tidak masuk ke tindakan asusila.

"Kades yang mandi di kolam tidak pakai baju, iya memang mandi di kolam, lagian kades itu kan laki laki, dimana letak asusilanya? Kan aurat laki laki tidak mesti pakai baju, kan lagi mandi di kolam juga," tutur dia, Selasa (18/07/2023).

Ditambahkan Rusdi, para Kades itu memang sedang mengikuti Bimtek Bali, dan mereka manfaatkan mandi di kolam renang untuk merefresh diri.

"Memang ada Bimtek di Bali, dan itu mereka para kades mandi di kolam renang di hotel, jadi memang memanfaatkan waktu istirahat di selah kesibukan mengikuti Bimtek," jelasnya.

Menurut Rusdi, apa yang dilakukan Kades itu merupakan lumrah dan biasa saja, karena siapapun pasti ingin beristirahat dan mandi di kolam, apalagi saat di Bali.

"Iya tidak bisa dipungkiri, bahwa capek saat mengikuti Bimtek, jadi istirahat dan mandi di air akan refresh kembali, itu hal yang lumrah, bisa dilakukan setiap orang, saya rasa itu bisa terjadi," pungkas dia. (*)