Wabup Lahat dan Pimpinan DPRD Tanda Tangan Keputusan Bersama Raperda

Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM bersama Pimpinan DPRD Lahat

CAHAYASERELO.COM, Lahat
– Fraksi-fraksi di DPRD Lahat menyetujui raperda tentang pertanggungjawab pelaksanaan APBD Kabupaten Lahat tahun anggaran 2022 dalam pandangan umum di sidang Paripurna di Gedung DPRD Lahat, Rabu (14/6). Persetujuan tersebut disampaikan masing-masing juru bicara.

Sebelum disetujui, Badan Anggaran, Pansus I serta II DPRD Lahat menyampaikan pandangan umum. Pertama dari Jubir Pansus I DPRD Lahat, Widia Ningsih menyampaikan bahwa belanja daerah Tahun Anggaran 2022 berdasarkan peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah, dan APBD disusun berdasarkan pendekatan prestasi kerja atau anggaran berbasis kinerja yaitu suatu sistem anggaran yang mengutamakan pencapaian hasil kerja atau output dari perencanaan alokasi biaya atau masukan atau input yang telah ditetapkan berdasarkan penetapan kinerja setiap alokasi biaya yang direncanakan dalam APBD.

Kata Widia, dikaitkan dengan tingkatan pencapaian layanan tertentu yang harus standar satuan harga dan pokok standar pelayanan minimal pokok-pokok kebijakan yang telah dilaksanakan pemerintah daerah tahun anggaran 2022 tercermin dalam realisasi pendapatan daerah pelaksanaan program pembangunan realisasi belanja APBD yang digunakan untuk membiayai kegiatan belanja tidak langsung atau belanja langsung yang selalu diarahkan pada program-program yang menyentuh kepentingan masyarakat.

“Antara lain peningkatan kualitas sumber daya manusia aparatur dan masyarakat, pembangunan infrastruktur di desa, percepat pertumbuhan di bidang pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan dengan konsep agrobisnis 4 optimalisasi sumber daya alam Adapun pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Lahat Tahun Anggaran 2022 meliputi materi laporan keuangan,” ujarnya.

Jubir Pansus II Yudiansyah Madarus menyampaikan harapan pengelolaan keuangan dan aset daerah Kabupaten Lahat semakin sehat transparan dan memiliki akuntabilitas yang secara nyata dapat dipertanggungjawabkan secara moral serta bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat.

Badan Anggaran DPRD Lahat, Idur Alamsyah menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Lahat yang telah bekerja maksimal mungkin sehingga realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) anggaran serta perubahan dapat terpenuhi bahkan melebihi target pencapaian dari target anggaran Rp 149 miliar dengan realisasi sebesar 172 miliar.

“Kami badan anggaran DPRD Kabupaten Lahat berharap kepada pemerintah daerah kabupaten Lahat agar terus dapat berperan aktif dalam berkoordinasi dengan pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat terhadap dana-dana dari pemerintah pusat baik itu untuk perimbangan dana alokasi umum dan dana alokasi khusus,” ujarnya. (rls)