Ciptakan Kampung Keluarga Berkualitas, TP PKK Laksanakan Pembinaan Pokja

CAHAYASERELO.COM, Lahat – Bertempat di gedung pertemuan Pemerintah kabupaten Lahat provinsi Sumsel Rabu (01/03/2023) di laksanakan Pembinaan kelompok kerja (Pokja) kampung keluarga berkualitas kabupaten Lahat tahun 2023.

Tampak dalam kegiatan Ketua TP PKK kabupaten Lahat Lidyawati SHut MM beserta anggota , camat Lahat Selatan, camat Gumay ulu, Camat Kota Lahat yang diwakili, Tim Pokja kecamatan dan anggota , Lurah, kepala desa dan kepala bidang penyuluhan dan staf , dan para penyuluh KB , kader Pokja kampung KB serta Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lahat, H Ujang Kurniawan SE MM, dan jajaran.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lahat, H Ujang Kurniawan SE MM,Dalam laporannya mengatakan, dalam percepatan penurunan stunting dan optimalisasi program kampung berkualitas, di mana setiap desa dan kelurahan membentuk kampung berkualitas yang mana Lounching kampung berkualitas sudah laksanakan baik di tingkat kabupaten maupun kecamatan dan dalam mendukung program itu perlu di bentuk kelompok kerja ( Pokja ) kampung kelurga berkualitas Dan tujuan kegiatan ini dalam arahan dan memberikan pengetahuan untuk pembentukan kampung berkualitas yang di dasari data dan permasalahan di desa dan kelurahan.

“Peserta hari ini berjumlah 225 orang dari Lurah ,kepala desa dan ketua tim PKK desa dan lurah serta kader Pokja kampung KB. Mudah mudahan dengan adanya pembinaan arah tujuan program kampung keluarga berkualitas akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya .

Sementara Ketua TP PKK kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang mengatakan, dalam kegiatan Pembinaan kelompok kerja (Pokja ) kampung keluarga berkualitas kabupaten Lahat tahun 2023.

Kampung keluarga berkualitas merupakan satuan wilayah setingkat desa di mana terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga dan masyarakat melalui intervensi program dan kegiatan dengan pendekatan siklus kehidupan manusia.

Kampung keluarga berkualitas adalah pengintegrasian program pembangunan sumber daya manusia yang berbasis keluarga dan ini merupakan salah satu peran TP PKK sebagai mitra pemerintah selaku penggerak masyarakat untuk mendukung pembangunan berbasis keluarga tersebut.

Setelah di bentuknya kampung keluarga berkualitas maka desa dan kelurahan perlu membentuk kelompok kerja (Pokja) kampung keluarga berkualitas sebagai bentuk upaya penggalangan dan pemantauan berbagai kegiatan untuk meningkatkan fungsi dan promosi kampung keluarga berkualitas melalui kerjasama tim baik, lintas program maupun lintas sektor serta terlaksananya Kampung kelurga berkualitas sesuai perencanaan.

“Oleh karenanya keberhasilan program kampung keluarga berkualitas sangat di pengaruhi oleh dukungan dari berbagai pihak baik pemerintah swasta Mitra kerja lainnya termasuk TP PKK, kader Pokja kampung keluarga berkualitas,” ungkapnya Ketua TP PKK kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang.
Dalam kegiatan juga di berikan doorprice saat tanya jawab mengenai kampung keluarga berkualitas. (EY)