Akses Jalan Banyak Ditutup Pasca Banjir

CAHAYASERELO.COM, Lahat – Tidak hanya merendam ratusan pemukiman penduduk desa, lahan perkebunan, pertanian bahkan hewan ternak.

Rupanya keganasan air Sungai Lematang dan anak sungai lainnya menerjang sejumlah sarana prasarana umum, seperti di Desa Lubuk Selo, Kecamatan Gumay Ulu. Di sana jembatan penyeberangan menuju ke dusun ll ambrol dan nyaris putus.

“Betul, h ini disebabkan tingginya curah hujan yang melanda Gumay Ulu, sehingga membuat jembatan penyeberangan pun yang semula sudah diperbaiki kini nyaris putus,” sebut Kepala Desa (Kades) Lubuk Selo, Ahmad Yaumal, Kamis 9 Maret 2023.

Ahmad Yaumal menerangkan, agar kiranya bagi penduduk yang ingin menuju dusun ll atau sebaliknya, untuk sementara waktu memilih jalan memutar. Sebab sangat membahayakan keselamatan mereka.

“Demi kenyamanan dan keselamatan bersama, maka masyarakat mau tidak mau memilih jalan memutar, untuk sementara waktu ditutup,” terangnya.

Ketua Forum Kades Gumay Ulu ini meminta, agar sekiranya kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk turun ke lokasi, sehingga fasilitas umum tersebut segera diperbaiki.

“Karena jembatan tersebut merupakan akses paling cepat, oleh sebab itu, segera diperbaiki dan aktifitas masyarakat lancar kembali,” terang Ahmad Yaumal.

Selain itu, sambung Ahmad Yaumal, terjadi tanah longsor di jalan penghubung menuju ke Kota Pagaralam. Sehingga sementara ini semua jenis kendaraan tidak bisa melintas.

“Mulai dari jembatan Sungai Selangis sampai Desa Sumber Karya, akses jalan tertutup lumpur dan tanah yang jatuh,” ucapnya.

Dirinya meminta, agar kiranya baik penduduk Lahat yang hendak ke Pagaralam atau sebaliknya, tidak usah kemana-mana, dikarenakan seluruh akses tertutup.

“Semuanya ditutup, tentunya membuat warga menjadi binggung dan menunggu sampai keadaan normal dan aman,” tegas Ahmad Yaumal. (*)