Porprov 2023 Dijadwalkan 17 September 2023

CAHAYASERELO.COM, Lahat – Pelaksanaan Porprov 2023, dijadwalkan 17 September 2023 mendatang. Segala persiapan mulai dijalankan Pemkab Lahat dan stakeholder terkait lainnya termasuk perusahaan -perusahaan yang ada. Mulai dari atlet, venue, sarana dan prasarana seperti mess, homestay, hingga proses pelaksanaan lainnya.

Bahkan yang jadi perhatian utama dan dibahas ialah terkait menciptakan rasa aman dan nyaman bagi para kontingen serta tamu nantinya.

Bupati Lahat Cik Ujang SH melalui Sekda Lahat Chandra SH menegaskan. Pihaknya ingin, gelaran olahraga tingkat provinsi ini berkesan bagi para tamu. Untuk itu, seluruh kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) wajib menjadi LO. Atau Liaison Officer (naradamping), petugas yang menjadi penghubung antara tamu delegasi dengan panitia penyelenggara.

Menerapkan Senyum, Ramah, Sapa. Serta memastikan bahwa tamu dan kontingen meliputi kebersihan, keamanan dan kenyamanan. “Wajib dicek oleh OPD setiap kentingen kabupaten/kota yang datang. Tempat mereka menginap dan keperluannya terkait Porprov. Kita ingin memberikan pelayanan terbaik dalam Porprov ini,” tegas Sekda Lahat Chandra SH, Jumat (10/2). Rencana opening dan closing Porprov 2023 digelar di Lapangan eks MTQ.

Ditambahkan Ketua KONI Lahat Kalsum Barevi, untuk kesiapan atlet terua diasah. Menjelang pelaksanaan Porprov, para atlet diikutkan dalam kejuaraan- kejuaran. Untuk target tentu juara umum, lantaran beberapa cabor unggulan optimis banyak mendulang emas. Sementara rencana cabor yang dipertandingkan ada 40 cabor. “Namun untuk Cabor, dimungkinkan ada penambahan,” sambungnya.

Sementara itu, beberapa hari sebelumnya Bupati Lahat Cik Ujang SH, didampingi Ketua DPRD Lahat Fitrizal Homizi, Ketua Tim Percepatan Pembangunan Herman Oemar, dan OPD terkait mengecek kesiapan pembangunan tiga venue di Ribang Kemambang Lahat.

Ditegaskan Bupati Lahat Cik Ujang SH bahwa jelang pesta olaraga yang diselengarakan di Kabupateb Lahat,  persiapan yang matang terus dikomunikasikan dan dikerjakan. “Untuk pembangunan tiga venue kita kebut bulan 7 akhir. Insyallah akan selesai, sementara venue lainnya hanya perbaikan,” ungkapnya. Di Ribang Kemambang rencananya dibangun venue renang, bola kaki dan stadion mini untuk atletik.

Namun begitu dalam pembangunan di Ribang Kemambang, Cik Ujang berharap agar pohon yang rindang jangan ditebang. Supaya kelestarian taman ribang kemambang tetap rindang.

(rls)