Cik Ujang Beri Bantuan Mobil Ambulance

CAHAYASERELO.COM, Lahat – Ramadhan segera tiba. Masyarakat sejumlah desa di Kabupaten Lahat, mulai lakukan sedekah ruahan sambut bulan yang suci bagi umat muslim. Seperti di Desa Patikal Lama Kecamatan Kikim Timur, sedekah ruahan digelar bersama masyarakat, dengan mengundang Bupati Lahat, Cik Ujang SH.

Momen ruahan ini juga dijadikan kesempatan bagi masyarakat Desa Patikal Lama, untuk lakukan syukuran atas pembangunan Masjid Nurul Huda yang tengah dalam pengerjaan, dari hasil swadaya masyarakat. Warga desa berharap, dengan kehadiran Bupati Lahat beserta rombongan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Lahat, pembangunan masjid tersebut bisa lebih cepat selesai.

“Masyarakat sangat bangga, walupun sibuk, Bupati Lahat, Cik Ujang SH, tetap menyempatkan hadir di sedekah adat dan sedekah ruah ini,” kata Rasmawan, tokoh masyarakat Desa Patikal Lama, Kamis (23/2).

Disela kegembiraan hadirnya Bupati Lahat, Rasmawan juga menyampaikan, warga berharap kehadiran Bupati Lahat bersama rombongan bisa melihat langsung kondisi desa. Mengingat saat ini bibir Sungai Kikim dengan pemukiman warga, sudah sangat dekat. Hanya berjarak sekitar 10 meter.

“Di kesempatan ini, warga berharap Bupati Lahat bisa membangunkan tembok penahan sungai. Karena bibir Sungai Kikim ini sudah berjarak sekitar 10 meter lagi dari perumahan warga. Warga takut tiba-tiba Sungai Kikim meluap, bibir sungai jadi amblas lalu menyeret rumah warga,” sampainya.

Sementara, Cik Ujang mengucapkan terima kasih sudah diundang warga Desa Patikal Lama, untuk syukuran dusun dan ruahan. Menurutnya, tradisi ini sangat bangun untuk memperkuat silaturahmi dan kerukunan warga. Sedangkan terkait usulan pembangunan tembok penahan, pemerintah daerah akan berupaya memasukkannya di anggaran perubahan.

“Untuk pembangunan masjid, saya bantu pembangunan atapnya. Tembok penahan itu, kita upayakan di anggaran perubahan nanti,” ucap Cik Ujang. Disela kegiatan itu, Cik Ujang juga berikan bantuan satu unit mobil ambulance ke Kepala Desa Datar Serdang Kecamatan Kikim Timur. Cik Ujang berpesan, gunakan ambulance itu untuk membantu warga desa lainnya. (sm)