Bupati Lahat Hadiri Acara Sedekah Adat Desa Patikal Lama

CAHAYASERELO.COM, Lahat – Bupati Lahat Cik Ujang.,SH didampingi oleh Kepala OPD Terkait menghadiri acara adat dan sedekah ruah di Desa Patikal Lama Kecamatan Kikim Timur Kabupaten Lahat, kamis (23/02/23).

Turut hadir dalam acara tersebut TBUPP, Kadis PUPR, Kadis PRKPP, KA. BAPPEDA, Kadis Perkebunan, Kadis TPHP, Kadis PMD, KA. DLH, KA. BKAD/Mewakili, Kadis Nakertrans, Kasat Pol-pp & Damkar, Kadis Kominfo, Camat Kikim Area, Kepala Desa Kikim Area, Kepala Dusun, Usur Tripika, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan tamu sesuai undangan.

Tokoh Masyarakat Desa Petikal Lama Rasmawan mengucapkan Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, dimana kami tau bahwa Bupati Lahat banyak sekali kesibukan tapi Alhamdulillah pada hari ini beliau menyempatkan hadir dalam acara tasyakuran ini. Sungguh ini merupakan wujud cinta kasih dari Pemimpin kepada masyarakatnya.

“Kami sangat bersyukur hari ini kedatangan Bupati Lahat yang kita banggakan, dan bersyukur pula karena masyarakat Desa Petikal Lama ini telah mendirikan masjid yang sudah berjalan satu tahun lebih. Alhamdulillah pembangunan masjid kami ini adalah swadaya murni dari masyarakat Petikal Lama. Oleh karena itu, kami mohon partisipasinya agar dapat membantu kami untuk melanjutkan Pembangunan masjid yang kami beri nama Masjid Nurul Huda, insya Allah itu akan menjadi amal untuk kita semua. Disini kami juga mempunyai kegalauan dan kecemasan, bahwa kami sangat mengharapkan kepada Bupati dan Dinas Terkait dalam hal ini, kami minta untuk didirikannya tembok penahan agar sungai Kikim tidak sampai kerumah warga, sebab jaraknya sudah dekat kira-kira sekitar 10m lagi”, tutupnya.

Senada dengan itu, Kepala Desa Patikal Lama Sinarudin menuturkan ucapan Terima kasih kepada Bupati Lahat beserta rombongan, yang mana pada hari ini walaupun banyak kegiatan namun tetap menyempatkan diri untuk hadir di tengah-tengah masyarakat Desa Patikal Lama ini.

“Seperti yang disampaikan oleh Tokoh masyarakat Desa Patikal Lama tadi, hanya saja saya menjelaskan sedikit bahwa kita sebentar lagi akan memasuki bulan Suci Ramadhan dimana itu biasanya disebut dengan Sedekah Ruah yang kita laksanakan hari ini, sekaligus sedekah adat yang tujuannya tidak lain dan tidak bukan kami mengakui dimasa lalu ada kesalahan, kekeliruan, serta kekhilafan. Maka dari itu, kemarin kami sudah melakukan penyembelihan satu ekor kerbau membersihkan dusun ini”, jelas Sinarudin.

Sementara itu dalam sambutannya Bupati Lahat Cik Ujang.,SH menyampaikan, Atas nama Pemerintah Kabupaten Lahat dan pribadi saya mengucapkan Terima kasih atas undangannya untuk tasyakuran ini bersihkan dusun dan disambut dengan baik, ditempatkan ditempat yang layak. Silaturahmi, komunikasi dengan seluruh Kades di Kecamatan Kikim Area khususnya Kades Patikal Lama.

“Disini juga saya menyerahkan satu unit mobil ambulance kepada Desa Datar Serdang Kecamatan Kikim Timur, dan saya harap bisa digunakan dengan sebaik-baiknya dan dirawat supaya bisa membantu masyarakat yang ada di Desa-desa yang ada di Kecamatan Kikim Timur ini khususnya di Desa pedalaman yang jauh dari rumah sakit atau puskesmas”, ujarnya.

Bupati Lahat itu juga menambahkan untuk pembangunan masjid Nurul Huda yang di sedang dibangun tadi, Saya akan membantu dibagian atap masjid. Nanti bisa langsung di hitung dan bisa kita bangun secepatnya supaya masyarakat bisa menikmati dan beribadah di Masjid Nurul Huda ini. Tak hanya itu, Saya juga telah mengerahkan Dinas PUPR untuk mengecek secara langsung rumah yang sudah dekat dengan Sungai Kikim tadi, supaya di 2024 bisa kita anggarkan, dan kalau bisa bahkan di 2023 ini sudah dianggarkan. Dan untuk pembangunan jalan aspal, insya Allah tahun 2023 ini dari simpang Desa Bunga Mas sampai ke Desa-desa yang ada di dalam akan kita selesaikan”, tutup Bupati Lahat.

Di akhir acara, Bupati Lah
at menyerahkan secara simbolis mobil Ambulance kepada Kepala Desa Datar Serdang Peri Anwar Dinata.