Peringatan Hari Pahlawan, Badar Lahat Gelar Doa dan Nobar Bersama

CAHAYASERELO.COM, Lahat – Malam peringatan Hari Pahlawan, sejumlah pemuda menggelar doa bersama, nobar dan diskusi bersama.

Acara ini digelar di Sekretariat Barisan Pemuda dan Rakyat (Badar) Sejahtera Indonesia DPD Kabupaten Lahat, Rabu malam 9 November 2022.

Ketua Badar Lahat Awaludin menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka untuk mengenang jasa para pahlawan, sehingga dapat menumbuhkan rasa cinta dan penghargaan kepada pahlawan.

Kegiatan ini oleh Sekretaris MD KAHMI Lahat sekaligus Sekretaris ICMI Lahat, Edi Sadiman, dan DPC GANN Lahat.

Edi Sadiman mengatakan, kemerdekaan yang selama ini kita rasakan adalah bukti nyata dari sebuah pengorbanan para pahlawan kita yang telah gugur mempertahankan bangsa Indonesia. Pemuda yang besar adalah pemuda yang menghormati jasa para pahlawannya.

Hari Pahlawan adalah peringatan yang dirayakan pada tanggal 10 November setiap tahunya di Indonesia. Dalam sejarahnya, pemuda memainkan peran penting dalam menopang kemajuan bangsa.

Banyak tokoh tokoh muncul menjadi pemimpin di kala mereka masih usia muda, sebut saja beliau adalah Soekarno Hatta, Sharir, dan Tan Malaka. Jiwa muda yang masih sangat terdidik menjadi modal dalan perubahan.

Lanjutnya, generasi muda ataupun penerus bangsa kita saat ini adalah jantung utama pembaruan nasional. Semangat pemuda hari ini harus tetap berjalan dan tertanamkan. Sebab, dalam kodisi apapun, pemuda harus tetap berpotensi menjadi penyeimbang dalam ruang sosial sekelilingnya.

“Di era yang sangat instan ini, banyak pemuda yang terjebak dalam informasi sosial media yang semakin canggih, dan banyak mengakibatkan serangan budaya luar yang menerjang pola gaya hidup pemuda yang negatif, Contohnya penyalahgunaan sosial media yang semakin meningkat, penyalahgunaan narkoba di kalangan para pemuda,” jelasnya.

Oleh karenanya untuk meminimalisir berkembangnya perilaku negatif yang dapat merugikan negara kedepannya, maka peran pemuda harus di tingkatkan.

Dalam memperingati hari pahlawan maka kita generasi muda penerus bangsa harus menghormati dan menghargai semua perjuangan para pahlawan kita yang telah mengorbankan, harta benda bahkan jiwa raga mereka demi mengejar kemerdekaan bangsa Indonesia.

Generasi muda harus maju dan berjalan kedepan bukan kebelakang, masa depan bangsa indonesia ada di tangan para pemuda kita saat ini, kaum generasi muda saat ini memiliki ketajaman dan keberanian dalam menggambil keputusan.

Oleh karena itu, melalui momentum Hari Pahlawan ini, Edi Sadiman mengajak para pemuda membangun Kabupaten Lahat, melalui peran masing masing.

“Mari kita membangun Kabupaten Lahat, menuju Lahat Bercahaya,” pungkasnya. (*)