Media Ikut Awasi Pemilu

CAHAYASERELO.COM, Lahat – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lahat fasilitasi pengawasan penyelenggaraan tahapan pemilu, bersama 45 awak media di Kabupaten Lahat. Mengingat, media juga miliki peran dalam mensukseskan pengawasan tahapan pemilu serentak 2024 mendatang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Lahat, Andra Juarsyah mengatakan, sadarnya Bawaslu karena adanya pengawasan. Dari sisi regulasi pengawasan, tidak semua bentuk yang dianggap pelanggaran pemilu bisa dilakukan penindakan. Karena sumber daya manusia (SDM) Bawaslu hanya sedikit. Di tiap kecamatan hanya 3 orang, di tiap desa hanya 1 orang. Dengan tugas mengawasi semuanya yang berkaitan dengan pemilu.

“Kalau hitung-hitung, jumlah porsenil kita kalah jauh dengan yang ingin diawasi. Karena itu kita mendorong tingkat partisipasi masyarakat, sama-sama memiliki semangat pengawas pemilu. Karena pengawasan juga harus dilakukan masyarakat sipil,” kata Andra, Jumat (18/11).

Andra menambahkan, tahapan pemilu saat ini tengah berjalan. Baru di tahan verifikasi partai politik. Dari tahapan ini saja, sudah banyak temuan yang didapat Bawaslu. Salah satunya banyak nama yg dicatut, dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Hal ini jika tidak diawasi akan jdi permasalahan ketika menentukan daftar pemilih tetap (DPT).

“Makanya keinginan kita, sama-sama lakukan pengawasan. Cek nama di Sipol, jika tidak terdaftar, segera melapor,” sampainya.

Andra membeberkan, berkaca dari Pemilu 2019, saat itu Kemendagri mengakui ada 1 Nomor Induk Kependudukan (NIK) bisa digunakan untuk 900 nama, persoalan ini jadi pertanyaan besar saat itu. Karena itu untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) juga harus diawasi. Jangan sampai nanti warga tidak masuk di DPT, Mala tidak terdaftar. Jangan sampai ada yang meninggal, tapi masih terdaftar. Ada yang masih hidup, Mala dinyatakan meninggal.

“Jika semua ini sudah bejalan baik, tentu Pemilu 2024 nanti, tidak ada persoalan lagi. Karena itu, media punya peran penting untuk menyebarkan pengetahuan, agar partisipasi pengawasan pemilu juga meningkat,” ucapnya.

(sm)