ANBK SDN 3 Pseksu Dilaksanakan di SMPN 1 Kikim Selatan

CAHAYASERELO.COM, Lahat – Sekolah Dasar Negeri 3 Pseksu  melaksanakan Asismen Nasional Berbasis Komputer (ANBK)  Pemerintah telah secara resmi menjadikan ANBK adalah sebagai pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Tim ANBK SD Negeri 3 Pseksu Minawarti S Pd mengatakan, ANBK untuk SDN 3 Pseksu dilaksanakan dua (2) sesi yang diikuti oleh 25 peserta, melibatkan 1 Proktor, 1 teknisi, 3 pendamping dan 2 pengawas yang berada dari sekolah lain.

“Karena internet disekolah kurang stabil maka pelaksanaan ANBK dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kikim Selatan guna jaringan stabil dan sangat memadai,” katanya, Rabu (27/10).

Minawarti menambahkan, ada tiga instrumen penilaian dari ANBK sebagai bagian dari evalusi pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Yang pertama Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) siswa, kedua Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa, dan ketiga Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Sementara Kepala Sekolah SD Negeri 03 Peseksu Budianto S Pd, SD Mengucap Syukur atas kesuksesan ANBK secara mandiri berkat dukungan tim ANBK, semua pihak terutama SMP Negeru 1 Kikim Selatan yang telah membantu penyedian akses internet berkecepatan tinggi serta meminjamkan Laptop kepada sekolah dari simulasi sampai ke pelaksanaan berjalan lancar dan tidak ada kendala sama sekali

“Alhamdulillah pelaksanaan ANBK di Sekolah  terlaksana dengan lancar, aman dan sukses, berkat dukungan semua pihak terutama dukungan dan sarana dan prasarana dari SMP 1 Kikim Selatan dengan harapan diperoleh hasil yang maksimal dan memberi gambaran kondisi SD Negeri 03 peseksu Kabupaten Lahat sesuai tujuan pelaksanaan ANBK,” ungkapnya.

(sm)