Pancaroba, Pemeriksaan ISPA di Pajar Bulan Meningkat

CAHAYASERELO.COM, Lahat – Selama peralihan cuaca, atau yang sering disebut dengan pancaroba, jumlah pemeriksaan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat mengalami peningkatan.

Menurut keterangan Zamhari, Kepala Puskesmas Pajar Bulan, pancaroba dimulai sejak Juni 2022, sehingga menunjukkan adanya peningkatan jumlah pasien ISPA.

“Peralihan cuaca dari musim hujan ke musim kemarau, membuat suhu berubah, yang tadinya dingin menjadi hangat, sehingga tubuh butuh adaptasi, adaptasi itunya menimbulkan gejala batuk dan flu, yang mengganggu kesehatan masyarakat,” ujar dia, Minggu (21/08/2022).

Zamhari mengatakan, jumlah pemeriksaan setiap bulan, untuk penyakit ISPA bervariasi, namun selalu diatas 100 pasien.

“Ada sampai 156 pasien hanya dalam kurun waktu sebulan, itu khusus pemeriksaan ISPA saja,” ungkapnya.

Untuk mengatasinya, Zamhari mengimbau, masyarakat menjaga imunitas tubuh, dengan mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin, dan mengandung vitamin C.

“Bisa ditemukan di sekitar kita, seperti buah jeruk, jambu dan sayuran yang mengandung vitamin C, karena mengandung vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena sistem imun meningkat. Atau bisa dengan membeli multivitamin di apotek,” ujarnya.

Sementara itu, dikatakan Hengki, Warga Kecamatan Pajar Bulan, perubahan cuaca, memang tidak bisa dihindari.

“Kita yang harus mempersiapkan diri, dengan meningkatkan imunitas tubuh. Ajak tubuh cepat beradaptasi, dengan mensugesti bahwa ini sudah masuk musim kemarau, sehingga tubuh akan terbiasa dengan cuaca panas,” pungkasnya.

(do)